Praktik public speaking

Setelah kita mengetahui teori tentang keterampilan berbicara, tentu saja kita perlu praktek nyata bagaimana berbicara itu sendiri. Apalagi bagi kita yang notabennya adalah seorang "Calon Guru"  yang sangat dituntut untuk menguasai bagaimana berbicara di depan umum untuk menunjang pembelajaran di KAMPUS. beberapa tips agar praktek berbicara kalian di depan umum lancar :
1. Be confident
     hal penting yang pertama untuk menguasai teknik berbicara adalah Percaya diri. anda tidak akan bisa tampil public speaking  kalauanda tidak percaya diri. hal-hal yang biasa di lakukan agar anda percaya diri tampil di depan umum, pertama  dengan senyuman, senyuman adalah cara paling simple yang bisa anda lakukan jika anda merasa gugup. lalu anda juga perlu melakukan kontak mata dengan audience, karena kontak mata dapat membuat mengurangi kegugupan, tetapi yang perlu di ingat kontak mata disini bukan kontak mata seperti melotot atau semacamnya, tapi pandang lah audiance dengan percaya diri lalu berikan trik yang pertama yaitu senyum, kalau bisa senyum paling manis yang anda miliki.
    Agar mengurangi resiko gugup, anda dianjurkan untuk tidak berbicara dengan cepat, bicaralah secara perlahan, karena hal itu akan mengurangi resiko salah bicara dan mengurangi resiko gugup juga. kalau perlu peganglah benda kecil seperti pencil atau pen, atau laser presentasi. Terakhir adalah "Ice Breaking", seorang pembicara perlu menguasai tehnik-tehnik ice breaking ini, banyak sekali ice breaking yang dapat anda pelajari melalu internet.
2. Kuasai Materi
   Setelah anda merasa percaya diri, hal yang tidak kalah penting adalah kuasa materi. Jika anda sudah percaya diri, apa yang anda ingin bicarakan kalau anda tidak menguasai materi ?. "Minimal kamu harus lebih pintar satu jam dari pada audience"

3. 
Practice

    Melakukan praktek adalah satu hal yang tidak dapat dianggap remeh. Jika anda ingin ahli dalam berbicara di depan umum selalu latih aspek berbicara anda. anda bisa melakukan hal-hal seperti menulis materi lalu berbicara di depan umum, lalu lakukan evaluasi terhadap materi anda. Melatih berbicara juga dapat anda lakukan dengan cara anda bisa masuk atau gabung dengan organisasi-organisasi yang dapat melatih public speaking. seperti organisasi entrepreneur atau standup comedy, dll.
4. Bumbu Penyedap

loh ? kenapa bumbu penyedap? .
 Mungkin pertama kali anda membaca point nomer 4 anda akan bingung, kenapa diperlukan bumbu penyedap dalam keahlian berbicara di depan umum?. Sama halnya seperti masakan, public speaking juga punya bumbu penyedap.
  • Gesture.
Gesture adalah gerakan tubuh dan merupakan bahasa non-verbal. Gesture ini sangat dipengaruhi oleh penilaian pendengaran kepada kita saat berbicara, karena dengan adanya gesture orang akan lebih bisa memahami apa yang ingin kita maksud.
  • Vokal Suara
Aturlah artikulasi berbicara anda, berbicara dengan jelas. Latihlah agar suara anda agar terdengar berwibawa atau semacamnya. 
  • Karakter
Seorang pembicara sangat erat kaitannya dengan karakter. Contohnya saja, anda adalah seseorang yang tidak menyukai olahraga tapi materi anda adalah tentang olahraga, public speeking anda tidak akan maksimal. Jadi intinya, anda harus menyukai materi apa yang anda bawakan agar penyampaian materi anda akan maksimal dan hasilnya pun akan memuaskan.
  • Berpenampilan menarik
Berpenampilan menariklah jika kamu ingin menjadi pembicara, karena hal ini akan memberikan nilai plus bagi anda, audience pun akan melihat kewibawaan dari anda dan tujuan utama kita agar audience mendengarkan apa yang kita sampaikan tercapai. Berpenampilan menarik tidak memerlukan muka yang tampan, berpenampilan menarik bisa anda lakukan dengan berpakaian rapi.

Komentar

Postingan Populer