presentasi di depan klien

Pengertian dan tujuan presentasi didepan klien            
      Presentasi adalah suatu sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan dengan cara menjelaskan atau menguraikan suatu materi secara sistematis, dan harapan akan berlaku efektif baik pembawa presentasi maupun penerima (audience). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dinyatakan bahwa presentasi mempunyai makna “pemberian, pengucapan, pidato (pada penerimaan suatu jabatan, perkenalan tentang seseorang kepada seseorang biasanya kedudukannya lebih tinggi), penyajian, atau pertunjukkan (tentang sandiwara, film, dsb).         Kedua kutipan diatas menunjukkan bahwa presentasi merupakan suatu proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikan dengan tujuan menyampaikan pesan kepada klien dengan cara menjelaskan. Proses komunikasi seperti itu merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa (berbicara). Presentasi didepan klien sebagai sebuah kegiatan komunikasi pastilah memiliki tujuan. Tujuan presentasi dapat dilihat dai berbagai sudut pandang. Tujuan presentasi dilihat dari sudut tipe presentasinya dapat dinyatakan sebagai berikut:
secara umum presentasi didepan klien memiliki tujuan untuk :
  1. Penyampaian informasi
  2. Menyentuh emosi agar klien dapat menerima dengan jelas apa yang kita sampaikan
  3. Memotivasi klien untuk bertindak
Kesalahan didalam presentasi di depan klien
     Setiap melakukan presentasi didepan klien kita harus benar-benar memhami bahwa kitaharus meminimalisir kesalahan-kesalahan saat menyampaikan sesuatu didepan klien jadai kita harus mengetahui beberapa kesalahan saat melakukan presentasi di depan klien.
beberapakesalahan yang dilakukan saat presentasi di depan klien:

·         Tidak melakukan persiapan

Kebanyakan orang hanya mempersiapkan slide presentasi, setelah itu mereka merasa bahwa tugas mereka sudah usai. Mereka justru melewatkan hal terpenting yang harus dipersiapkan yaitu draft konten presentasi (seperti cara membuka, menutup dan bagaimana mendukung poin-poin yang mereka sampaikan). Sehingga yang sering terjadi adalah alur presentasi yang kacau dan presenter masih kebingungan bagaimana musti menyampaikan pesan mereka. Belum lagi jika mereka juga lupa mempersiapkan faktor-faktor teknis yang mendukung presentasi. Bisa-bisa yang terjadi adalah slide presentasi yang tidak bisa dibuka, video yang macet atau bahkan tidak tahu bagaimana cara menyalakan mic.

·         Tidak menguasai materi
Sebelum kita melakukan presentasi didepan klien kitaharus memahami apa yang akan kita sampaikan kepada klien kita, oleh karna itu kita harus menyusun materi apa yang akan kita sampaikan dan kita harus benar-benar menguasai isi materi yang kita buat agar tidak terjadi kesalahan dalam penyampaian 

·         Menggunakan bahasa yang tidak baik 

Yang saya maksud sebagai bahasa yang tidak baik adalah bahasa yang dapat menyulitkan klien untuk memahami apa yang kita samapaikan, gunakan bahasa formal saja sehingga klien tidak sulit untuk memahami apa yang akan kita sampaikan

·         Tidak ada kontak mata

Yang sering dilakukan pembicara adalah memandang langit-langit, tembok di depan mereka atau lantai yang ada di bawah mereka. Dalam berpresentasi mereka tampak seperti bekerja keras hanya untuk menghafal dan menyebutkan kata-kata yang sudah mereka rencanakan sebelumnya, 
Hasilnya adalah tidak ada kontak mata dengan audiens. Presenter pun sulit connect dengan audiens.Hal yang harus anda ingat adalah presentasi adalah suatu bentuk dari komunikasi. Tanpa melakukan kontak mata, anda tidak akan bisa berkomunikasi dengan efektif.

·         Berpresentasi menggunakan slide yang jadul

Slide presentasi yang digunakan rumit sekali dan penuh dengan tulisan. Dalam berpresentasi presenter juga hanya menghadap ke slide dan membaca kata demi kata, persis dengan apa yang ada di slide. Banyak presenter melakukan hal ini karena mereka memang tidak tahu prinsip pembuatan slide yang efektif. Selain itu mereka juga “bermain aman” dengan menempatkan seluruh draft presentasi mereka di slide, dengan melakukan ini mereka kan tidak perlu menghafal atau berlatih isi presentasi mereka.
Sehingga yang terjadi adalah presentasi mereka menjadi membosankan. Bahkan sesi ini bukan lagi disebut sebagai presentasi melainkan menjadi sesi membaca bersama.
Untuk menghindari hal ini gunakanlah slide presentasi yang simpel.

·         Berdiri kaku di satu tempat dengan gestur yang sangat terbatas

Hal ini akan membuat presentasi mereka terkesan kaku dan kurang didukung dengan penekanan dari gestur tubuh.Oleh karena itu ketika berpresentasi, berdirilah dengan rileks, biarlah tangan anda membuat gestur secara natural seperti ketika anda bercakap-cakap dengan teman ngobrol anda. Anda juga tidak harus terpaku untuk berdiri di satu tempat, anda bisa berjalan dan berpindah posisi sesuai dengan irama yang ada di presentasi anda.
Ini bisa terjadi karena presenter mengalami rasa nervous, sehingga tanpa sadar mereka melakukan gerakan pacing tersebut. Hanya saja hal ini akan menimbulkan gangguan dan bisa menyebabkan audiens menjadi kehilangan fokus dari isi presentasi anda.Jikalau anda melakukan hal ini, sadarilah dengan meminta feedback dari teman anda atau merekam sendiri presentasi anda dengan video. Sehingga di presentasi anda yang berikutnya anda bisa meminimalkan hal yang satu ini.
cara melakukan presentsi yang baik dan benar didepan klien
     Ada beberapahal yang harus kita lakukan agar kita mampu melakukan presentasi yang baik didepan klien,
·         Kuasai Materi yang Dibawakan
    Cara presentasi yang baik perlu diperhatikan oleh semua pembicara dalam kegiatan presentasi di hadapan klien. Jika kita berpresentasi tetapi tidak memahami dan menguasai materi yang kita bawakan. Tentu saja  hal ini akan berdampak pada kurangnya perhatian klien terhadap topik yang kita bawakan. Namun, sebaliknya jika kita menguasai materi dan topik yang kita bawakan, tentu para klien  akan tertarik untuk melihat dan mendengarkan presentasi . Ini merupakan cara presentasi yang baik dan dianjurkan.
·         Perhatikan Pemilihan Bahasa
     Kemampuan dalam hal penyampaian isi materi dan topik saat presentasi harus perlu diperhatikan, cara presentasi yang baik dapat dinilai dari kemampuan cara berbicara. Dikarenakan cara berbicara Anda akan selalu menjadi sorotan utama saat berlangsungnya prosesi presentasi di depan klien. Anda sebaiknya menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Jangan menyampaikan suatu pesan secara berulang-ulang.
·         Gestur Tubuh Harus Baik
     Cara presentasi yang baik berikutnya yaitu memperhatikan gestur tubuh kita saat melakukan presentasi di depan klien. Menguasai gestur tubuh yang baik bisa membuat para audience lebih memperhatikan kita. Gestur tubuh yang menunjukkan rasa gugup dan grogi tidak boleh ditonjolkan saat anda presentasi di depan klien. Dikarenakan, kita akan terlihat tidak percaya diri sehingga membuat para klien  malah sibuk pada urusan-urusannya sendiri. Jadi gunakan beberapa pergerakan yang sopan seperti sambil berjalan atau menggerakan tangan agar kita tidak terlihat sedang grogi atau gugup
·         Tunjukkan Semangat dan Antusiasme
     Menunjukkan semangat dan antusiasme merupakan cara presentasi yang baik saat anda harus berpresentasi di depan klien. Tunjukkanlah semangat dan antusiasme anda dalam isi slide anda dengan menambahkan design slide yang cantik dan bagus. Sehingga membuat para klien  tidak mudah bosan saat mendengarkan dan memperhatikan kegiatan presentasimu. Cara ini bisa menjadi tips presentasi yang baik buat anda.
·         Jangan Terpaku Pada Slide Saja
Improvisasi menjadi sebuah hal yang penting dalam penyampaian presentasi di depan klien. Dimana, cara presentasi yang baik ini menyarankan anda untuk tidak hanya terpaku pada tulisan yang ada di slide saja, anda juga harus menambah referensi-referensi lainnya untuk semakin memperkaya presentasi anda nantinya. Sehingga saat anda berpresentasi mata Anda tidak selalu tertuju kepada slide saja melainkan anda bisa melakukan kontak mata kepada para audience. Hal ini diyakini akan membuat para klien  semakin betah dan nyaman dengan apa yang anda katakan.
KESIMPULAN
1.      Setiap akan melakukan presentasi didepan klien  lakukan dengan persiapan yang benar-benar matang agar kita mampu mencapai keberhasilan didalam sebuah pekerjaan
2.      Dengan memahami beberapa kesalahan didalam melakukan presentasi didepan klien kita mampu untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan saat melakukan presentasi didepan klien
3.      Melakukan latihan adalah langkh paling efektiv untuk mengatasi kesalahan di dalam melakkn presentasi di depan klien

Komentar

Postingan Populer